SELAMAT DATANG DI PRODI KEPERAWATAN CURUP POLTEKKES KEMENKES BENGKULU, DI SINI TEMPATNYA INFO DAN FOTO KEPERAWATAN CURUP TERKINI

Wednesday, June 6, 2012

Praktek Kerja Lapangan Terpadu Prodi Keperawatan dan Kebidanan Curup



PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) TERPADU
 PRODI KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN CURUP
 POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
UNIT  KEPERAWATAN KOMUNITAS ,KELUARGA DAN KEBIDANAN KOMUNITAS
T.A. 2011/2012

 
  1. Latar Belakang
Sesuai dengan misi pendidikan tenaga kesehatan yang bertujuan meningkatkan mutu lulusan tenaga kesehatan dan meningkatkan kemitraan serta kemandirian dalam institusi pendidikan kesehatan, untuk melaksanakan kurikulum pendidikan tenaga kesehatan, yang salah satunya adalah Keperawatan Komunitas yang meliputi Keperawatan Komunitas dan Keperawatan Keluarga serta praktik kebidanan komunitas. Ilmu Keperawatan Komunitas membahas mengenai konsep dasar komunitas, kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalah kesehatan utama di Indonesia dan Asuhan Keperawatan Komunitas. Proses pembelajaran yang terjadi tidak hanya didalam kelas saja, Tetapi lebih ditekankan pada penerapan di masyarakat sebagai salah satu tujuan dilaksanakannya kurikulum program pendidikan tenaga kesehatan khususnya pada Mata Kuliah Ilmu Keperawatan Komunitas dan kebidanan komunitas.
 Salah satu proses belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas adalah Praktek Kerja Lapangan (PKL) berupa praktek keperawatan komunitas dan keluarga serta praktek kebidanan komunitas. Praktek Kerja Lapangan Keperawatan Komunitas, Keperawatan Keluarga dan kebidanan komunitas merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh pada proses belajar mengajar didalam kelas.
                Dalam pelaksanaan praktek kerja Lapangan Keperawatan Komunitas, Keperawatan keluarga dan kebidanan komunitas ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan apa yang telah dipelajari dibangku kuliah dan perbedaan antara ilmu yang dipelajari dan kenyataan dilapangan serta mampu berperan serta dalam kegiatan kemasyarakatan dan memotivasi masyarakat untuk berperan serta dalam program kebijakan pemerintah dibidang kesehatan.

  1. Tujuan

    1. Tujuan umum
Mahasiswa mendapatkan kompetensi dan dalam menerapkan asuhan keperawatan komunitas dan asuhan kebidanan komunitas guna menunjang program Puskesmas yang mencakup pembinaan dan pelayanan kesehatan masyarakat serta untuk meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga, kelompok resiko tinggi, kelompok khusus, rujukan, home care yang ada di komunitas.

    1. Tujuan Khusus
a.       Melakukan pengkajian (pendataan) terhadap masalah kesehatan di masyarakat dan keluarga ,pendataan kunjungan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, bayi baru lahir dan pasangan usia subur langsung kepada masyarakat, tokoh masyarakat, instansi terkait dan lintas sektor.



b.      Melakukan analisa data yang telah dikumpulkan di masyarakat dan keluarga serta membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada dan harus diatasi dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat melalui lokakarya/ musyawarah masyarakat desa.
c.       Melakukan identifikasi masalah kesehatan berupa diagnosa keperawatan dan diagnosa kebidanan yang timbul dari analisa data dan memberdayakan masyarakat dalam rangka mengatasi masalah kesehatan yang ada sesuai dengan kondisi dan budaya setempat.
d.      Merencanakan tindakan untuk menanggulangi masalah kesehatan yang di rumuskan bersama masyarakat
e.      memberikan pengalaman nyata dalam melaksanakan tindakan mulai dari tahap pengkajian sampai dengan evaluasi dimasyarakat dan keluarga
f.        mengembangkan sikap pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan pengalaman kerja di komunitas dan keluarga
g.       memberikan pengalaman nyata dalam melaksanakan kebijakan pemerintah dibidang kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas
h.      Memfasilitasi KIE kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan masalah kesehatan dan kebutuhan masyarakat (Masalah kesehatan bayi, balita, anak pra sekolah, remaja, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan menyusui, menopause serta manula) baik secara berkelompok maupun perorangan..
i.         Mendokumentasikan setiap asuhan yang diberikan sesuai dengan standar.

  1. Waktu Pelaksanaan
Selama 2 (dua) minggu terhitung mulai tanggal 04 Juni  s.d 16 Juni 2012

  1. Sasaran
Sasaran kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini adalah mahasiswa Prodi Keperawatan tingkat III semester Genap tahun akademik 2011/2012  yaitu tingkat III A dan III B  berjumlah 79 orang dan mahasiswa tingkat II Prodi Kebidanan Curup berjumlah 40 orang yang jumlah keseluruhan mahasiswanya 119 orang ( daftar Mahasiswa terlampir)

  1. Tempat Pelaksanaan
Adapun tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Keperawatan komunitas, Keperawatan Keluarga dan Kebidanan Komunitas ini akan dilaksanakan di desa  Tanjung Alam, desa Air Hitam, desa Cugung Lalang dan desa Bumi sari  Kecamatan  Ujan Mas  Kabupaten Kepahiang.

  1. Pembiayaan
Untuk kelancaran program Praktek Keperawatan Komunitas dan Keluarga, panitia menyusun anggaran biaya praktek, adapun sumber biaya yang digunakan berasal dari dana DIPA Poltekkes Kemenkes Bengkulu T.A 2012
 
  1. Strategi
                       1.          Persiapan
a).   Sebelum dilaksanakan PKL dilakukan Rapat persiapan praktek terlebih dahulu  untuk membentuk kepanitiaan PKL dan menerbitkan Surat Keputusan Pembimbing serta Peserta PKL

b).  Penjajakan Lokasi Praktek keperawatan komunitas dan keluarga dilakukan 2 (dua) minggu sebelum pelaksanaan praktek dilakukan. Berdasarkan hasil penjajakan di sepakati pelaksanaan PKL dilaksanakan di desa Tanjung Alam, desa Air Hitam, desa Cugung Lalang dan desa Bumi Sari Kecamatan Ujan Mas  Kabupaten Kepahiang selama dua minggu yang di mulai pada tanggal 04 Juni  s.d 16 Juni 2012.

                  2.               Pengkayaan
Sebelum pelaksanaan PKL di mulai, mahasiswa diberikan pengayaan materi tentang asuhan keperawatan keluarga dan komunitas serta kebidanan komunitas oleh dosen pengajar selama 10 kali pertemuan di kelas dan simulasi  lokakarya mini.

                  3.               Pelaksanaan praktek kerja lapangan dilakukan pada mahasiswa prodi keperawatan curup Tingkat III semester VI yang berjumlah 79 orang dan mahasiswa prodi kebidanan curup tingkat II semester IV yang berjumlah 40 orang , selama dua minggu dimulai pada tanggal 04  s.d 16 Juni 2012 yang berlokasi di desa Tanjung Alam , desa Air Hitam, desa Cugung Lalang dan desa Bumi Sari wilayah kerja Puskesmas Cugung Lalang Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang .

                  4.               Evaluasi
Evaluasi praktek Keperawatan Komunitas dan Keluarga di tujukan pada kemampuan mahasiswa dalam menerapkan teori yang berkaitan dengan pelaksanaan Asuhan Keperawatan Keluarga dan Komunitas sera asuhan kebidanan komunitas. Sistem evaluasi yang dilakukan pada:
a.    Supervisi
b.   Laporan keluarga binaan individu
c.    Confrence
d.   Evaluasi harian
e.   Laporan Asuhan Keperawatan keluarga dan asuhan kebidanan komunitas
f.     Kegiatan Lokmin
g.    Penyuluhan
h.   Kerjasama dan Gotong royong
i.      Laporan kegiatan PKL kelompok

Dalam acara Pembukaan PKL Terpadu ini di hadiri oleh :
Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu Hj.Nur Elly,SKp,M.Kes , Camat Kecamatan Ujan Mas Drs.Yayat Ruhyat , Ka Din Kes Kepahiang, Dan Ramil Kepahiang, Pembantu Direktur I Bidang Akademik, Kajur Kebidanan, Kajur Keperawatan, Ka.Prodi Keperawatan Curup, Ka Prodi Kebidanan Curup, Pimpinan Puskesmas Cugung Lalang, Mahasiswa dan Masyarakat 4 desa wilayah PKL Terpadu.
Acara PKL ini resmi di buka oleh Camat Kecamatan Ujan Mas Drs.Yayat Ruhyat.
















1 comment: