SELAMAT DATANG DI PRODI KEPERAWATAN CURUP POLTEKKES KEMENKES BENGKULU, DI SINI TEMPATNYA INFO DAN FOTO KEPERAWATAN CURUP TERKINI

Thursday, November 9, 2023

Pelatihan Dasar Penggunaan APAR #PRODI KEPERAWATAN CURUP 20 MARET 2023

 

Pelatihan Dasar Penggunaan APAR

PRODI KEPERAWATAN CURUP 20 MARET 2023

     


Sejalan dengan komitmen  Ketua Prodi Keperawatan Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu Kampus B Curup untuk meningkatkan standar Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di lingkungan Prodi Keperawatan Curup , Unit Sarana Prasarana / Urusan Umum /kepegawaian, dan  Unit Penjamin Mutu Prodi Keperawtan Curup, mengadakan Pelatihan Dasar Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Pelatihan dilaksanakan di Halaman depan Prodi Keperawatan Curup  pada tanggal 20 Maret 2023..(SILAHKAN DI KLIK link ini  video latihan praktek penggunaan APAR

Pelatihan ini diikuti Karyawan Prodi Keperawatan Curup, Satpam Prodi Curup , Cleaning Service Prodi Curup, Mahasiswa Mahasiswi HMP Prodi Keperawatan Curup. Turut hadir dalam pelatihan ini sebagai pemandu pelatihan yaitu Unit Umum dan Kepegawaian Curup, Edy Purnomo,SPd,M.Si.

 Dalam pelatihan dasar penggunaan APAR, diberikan pengetahuan tentang tata cara penggunaan APAR mulai dari cabut pin pengaman APAR, arahkan nozzle ke pangkal api, remas katup APAR, lalu ratakan ke kiri dan kanan.

Pelatihan ini juga diberikan pengetahuan dasar tentang jenis api.

Jenis api itu sendiri terbagi menjadi 4 bagian, terdiri dari:

Kelas A yaitu api yang timbul dari kayu, bahan kertas, karet, dan bahan plastic lainnya. Kelas B yaitu api yang timbul dari bensin, minyak, pelumas, cat, pernis, dan gas yang mudah terbakar.

Kelas C yaitu api yang timbul dari peralatan elektronik.

Sedangkan pada kelas D, api yang timbul dari magnesium, sodium, potassium, titanium, zirconium, dan bahan metal lain yang mudah terbakar yang biasa ada di ruang Laboratorium.


 Pelatihan ini juga sejalan dengan perwujudan visi-misi  Prodi Keperawatan Curup Poltekkes Kemeneks Bengkulu  dalam penerapan ISO 9001:2015  dan ISO 21001 : 2018 di lingkungan Prodi Keperawatan Curup (Unit Urusan Umum dan Kepegawaian)

                                                        Curup, 20 Maret 2023

Unit Penjamin Mutu,                      Urusan Umum dan Kepegawaian,

 Siti Fatimah,SST                           Edy Purnomo,SPd,M.Si

                                    

Mengetahui :

Ka.Prodi Keperawatan Curup

Ns.Derison Marsinova Bakara,S.Kep,M.Kep



No comments:

Post a Comment